Tuesday, September 2, 2008

Kiat Menemukan Waktu Untuk Nge Blog

Yeah, ini memang soal paling sering dirasakan oleh kita-kita ini, para blogger, yaitu sulitnya menemukan waktu buat ngeblog. Ada saja penghalangnya. Ada saja yang membuat rencana ngeblog jadi tertunda atau bahkan terlupakan …

Sepertinya kita memang perlu membuat suatu komitmen untuk ngeblog secara secara rutin. Soalnya, jika tidak, selalu saja ada alasan untuk melakukan hal lain.

Berikut ini beberapa tips yang mungkin membantu:

* Sisihkan Waktu: Anda harus menyisihkan setidaknya 30 menit setiap hari untuk menulis, sudah termasuk waktu untuk meng-upload-nya.. Sekali Anda menemukan 30 menit itu, Anda akan mendapati kenyataan bahwa Anda memiliki waktu untuk diluangkan.
* Buat Jadwal: Tandai hari-hari yang sangat penting bagi Anda untuk menulis dan coba pegang komitmen tersebut. Sangat mudah untuk mengabaikan jadwal Anda hingga akhirnya mendapati telah berminggu-minggu tidak menulis blog Anda.
* Tetapkan Tujuan: Apakah Anda memiliki ide ke mana Anda akan membawa blog Anda? Jika Anda tidak memiliki tujuan ketika menulis blog, Anda mungkin menghabiskan banyak energi untuk hal-hal yang tak berguna.
* Catat Terus: Selalu bawa pena/pulpen dan notebook tersedia sehingga Anda dapat membuat catatan ketika menemukan ide. Banyak blogger membuang-buang waktu mereka di depan komputer tanpa melakukan hal produktif karena mereka lupa apa yang ingin mereka tulis.

Ngomong-ngomong, bagaimana kiat Anda sendiri dalam menemukan waktu buat ngeblog? Biasanya halangannya apa saja? Lalu bagaimana Anda mengatasinya? Bagi dong di sini.

5 comments:

Anonymous said...

thank infonya artikelnya mantab2 deh

Anonymous said...

Sama2 BosS...aQ juga baru belajar koK! Newbie gitu lho (^_^)..he..3x

Anonymous said...

Wah ini artikelnya bagus...
salam kenal bro...

Anonymous said...

Salam Kenal Juga buat mas Adiwibowo.
Thank's ya dah berkunjung ke blogQ
(^_^)..he..3x

akih_mtr said...

sangat membantu buat nubitol seperti saya ^_^

Post a Comment

Followers

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template