Monday, September 1, 2008

Publisher Adsense Yang Sukses --- Keeper

Bagi anggota Forum Adsense-id, nama Keeper tentunya sudah tidak asing lagi. Beliau ini lah yg mendirikan dan kini “mengawasi” jalannya komunitas publisher Adsense Indonesia terbesar di sela-sela kesibukannya di Tokyo, Jepang. Berkat kerja keras pria yg ingin identitasnya dirahasiakan ini (tapi bakal gampang dikorek kalo rajin2 kontak dia via YM, hehehe) dalam membangun forum, akhirnya AdSenser Indonesia punya media sendiri untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman di dunia bisnis internet, khususnya Adsense. Saya sendiri termasuk yg sudah merasakan manfaatnya.

Salah satu ciri khas dari seorang Keeper adalah tulisan2nya, baik di forum maupun di blog pribadinya, yg inspiratif dan menyejukkan. Mungkin karena didukung oleh faktor usia yg tidak mau kalah dengan kang Ujang, hehehe. Yang jelas, dengan pengalamannya di dunia bisnis internet sejak tahun 2004 lalu, tidaklah salah jika kita menjadikan beliau sebagai salah satu idola dan panutan kita.

Mari kita simak hasil wawancara ekslusif dengan Keeper.


Seputar Adsense dan Online Earning

Keterangan:
(1) Beberapa bagian sudah di-edit / disesuaikan ejaan/penulisannya atas persetujuan pihak yg bersangkutan.

Q: Sejak kapan menekuni bisnis Adsense?
A: 2004

Q: Alasan maen Adsense?
A: Simpel, dapat dipercaya, mudah dipelajari. Dengan resiko dan investasi minimal, Google Adsense bisa memberikan kita return (keuntungan) yang relatif tak terbatas. Yang dibutuhkan hanya ide, keseriusan, plus kerja smart/keras.

Q: Apakah langsung sukses? Jika tidak, apa kendala2 yg ada di awal?
A: Tidak. Karena belum menguasai hal-hal penting atau seluk-beluknya.

Q: Penghasilan di bulan pertama?
A: $13.11

Q: Penghasilan per bulan dari Adsense saat ini (kisaran)?
A: 4.5 digit :)

Q: Sumber pendapatan selain Adsense?
A: Text-link, Amazon, dan beberapa program afiliasi lain

Q: Total penghasilan per bulan dari internet saat ini (kisaran)?
A: sda

Q: Berapa jam / hari (rata2) untuk bisnis internet?
A: 1-2 jam

Seputar Situs dan Content

Q: Lebih suka mana, blog ato website?
A: Tergantung tujuan dan aplikasi situs. Saya lebih suka blog/CMS yang punya komunitas online yang besar.

Q: Niche-specific ato general? Alasan?
A: Sulit memilahkan. Yang jelas, buat sesuatu yang bermanfaat dan banyak dicari orang.

Q: Pendapat tentang HPK?
A: Lebih baik konsentrasi pada bagaimana membangun trafik daripada pusing dengan HPK :)

Q: Content berasal darimana?
A: Domain publik, program afiliasi, freelance writers, terakhir kalau sempat baru buat sendiri :)

Q: Pendapat tentang copy-paste content?
A: It’s OK, asal tidak melanggar hak cipta dan mematuhi rambu-rambu yang digariskan pemilik konten. Karena ada informasi/konten yang sifatnya publik. Jadi, memang perlu disebarluaskan.

Sedikit catatan. Untuk mereka yang baru membangun situs/blog, sebaiknya hindari jalan pintas copy-paste ini. Kemungkinan situs yang baru dibangun itu nanti kesulitan mendapatkan posisi bagus di mata mesin pencari (search engine) akibat terkena masalah konten ganda (duplicate content penalty).

Bila situs/blog sudah mendapatkan posisi bagus dan dianggap sebagai sumber yang otoritatif oleh mesin pencari, sepertinya isu duplicate content bisa sedikit dilanggar. :)

Q: Pendapat tentang artikel2 Private Label Rights sebagai content?
A: “A good start” buat yang masih kesulitan atau dalam tahap belajar untuk menulis dalam bahasa Inggris. Artikel yang sifatnya PLR biasanya sudah utuh dan jelas temanya. Tinggal di-parafrase-kan saja terus jadilah konten yang unik. Nah, parafrase adalah jalan tengah buat mereka yang ingin punya konten original namun tidak punya cukup waktu untuk membuat sendiri (baik karena kesibukan maupun karena kendala bahasa).

Bagi yang sibuk, parafrase artikel PLR bisa menghemat waktu. Untuk yang memiliki kendala bahasa, parafrase ini bisa dijadikan proses belajar yang cepat dan efisien.

Q: Yg paling utama dalam content?
A: Informatif, bermanfaat, dan banyak dicari orang. Intinya: buatlah sesuatu yang layak kunjung (worth visiting). Supaya saat pengunjung singgah di situs kita, mereka merasa waktunya tidak percuma.

Q: Pentingkah layout/desain situs? Adakah hubungannya dengan pendapatan?
A: Penting. Ibarat sebuah ruangan. Orang akan lebih betah bila berada di ruangan yang rapi nan bersih daripada di tempat ang semrawut lagi kotor. Begitu juga dengan situs, pengunjung tentu lebih nyaman berlama-lama di situs yang desain/layout-nya menarik. Akibatnya, jumlah page view meningkat dan probabilitas iklan Adsense mendapat klik juga bisa naik. Muaranya, kemungkinan besar earning juga akan meningkat.

Q: Mana yg lebih penting, CTR ato CPC?
A: Idealnya sih keduanya, CTR dan CPC, tinggi. Bila memakai iklan PPC (Pay per Click) semacam Adwords sebagai media promosi, tentu saja CPC lebih penting. Sebisa mungkin CPC-nya iklan Adsense jauh lebih besar daripada CPC yang harus dibayar untuk promosi lewat Adwords.

Q: Jumlah situs saat ini (kisaran)?
A: Kira-kira 10. Tapi yang terurus paling 3-4. Itupun dua di antaranya diurus orang lain, outsourcing :)

Q: Banyak situs = banyak earning. Setuju? Alasan?
A: Tergantung situsnya. Kalau jumlah situs banyak dan semua produktif ya earning nya juga banyak. Namun tentu saja sulit untuk mengurus situs dalam jumlah banyak (bila dikerjakan sendiri) agar semuanya produktif. Barangkali pertanyaan yang lebih relevan adalah bagaimana mengurus banyak situs agar semua bisa produktif :)

Seputar SEO dan Traffic

Q: Sumber trafik, iklan ato search engine?
A: Dua-duanya

Q: Tehnik promosi melalui iklan yg sering digunakan?
A: Google Adwords, Text-links

Q: Tehnik SEO yg sering digunakan?
A: Yang best practices saja. Artinya, yang sering direkomendasikan dan dipakai banyak orang.

Q: Tool seputar SEO, content, dll, yg digunakan?
A: Tidak ada.

Q: Pendapat ttg tool2 tsb?
A: Tidak ada.

Lain-lain

Q: Pendapatan dari Adsense dibuat apa?
A: Tambahan biaya hidup, biaya studi untuk istri, traveling keluarga, tabungan.

Q: Barang/sesuatu paling berkesan yg dibeli dari Adsense dan online earning lainnya?
A: Notebook untuk menunjang studi istri.

Q: Apa akan seterusnya bermain Adsense?
A: Tentu saja, selama masih memungkinkan. Apalagi passive income dari Adsense saat ini jauh lebih besar dari pada gaji bekerja sebagai PNS di tanah air.

Q: Adsense is death. Pendapat?
A: Kalau pendapat pribadi sih sepertinya masih jauh. Mengingat semakin berkembangnya aplikasi berbasis web dan bertambah banyaknya pengguna Internet. Saya rasa iklan kontekstual di Internet, seperti Google Adwords, jauh lebih efektif daripada cara beriklan di media-media konvensional. Karenanya, saya yakin Adwords masih menjadi pilihan para pemasang iklan beberapa tahun ke depan. Kalau Adwords masih hidup, ya… semoga saja kesempatan “berwirausaha�? buat para publisher Adsense tetap ada.

Q: Harapan seputar Adsense?
A: Semoga bisa bertahan lama. Semoga juga program serupa milik Yahoo lekas dibuka untuk publisher Internasional, atau muncul penyedia program yang sama yang selevel dengan Google dan Yahoo. Semakin banyak alternatif tentu saja daya tawar kita sebagai publisher akan lebih baik.

Q: Pesan untuk publisher baru?
A: Ini bukan pesan, melainkan pengalaman dan pengamatan pribadi saja. Semoga bermanfaat buat teman-teman publisher baru.

Dalam masa enam bulan pertama, sebaiknya memfokuskan diri pada bagaimana membangun situs dengan trafik memadai. Kerahkan sebagian besar energi untuk membangun trafik terlebih dahulu. Karena kunci sebagian besar program online earning adalah trafik. Pada tahap ini, ekspektasi atau harapan kita adalah berapa banyak visitor yang akan mengunjungi situs kita dari hari ke hari, bukan berapa $$$ earning kita hari ini.

  1. Upayakan agar bisa cepat ter-index oleh mesin pencari. Menempatkan link pada situs-situs/forum dengan rangking (PR=Page Rank) tinggi adalah salah satu cara efektif.
  2. Sebisa mungkin lakukan updating setiap hari.
  3. Pelajari dan aplikasikan prinsip-prinsip SEO (Search Engine Optimization=Optimasi Mesin Pencari). Termasuk bagaimana membangun subscriber lists.
  4. Sekali lagi, sebisa mungkin lakukan updating setiap hari

Bila situs sudah punya trafik, baru relevan untuk melakukan hal-hal lain yang mendukung earning, seperti optimasi posisi iklan Adsense, jumlah unit iklan, dan lain-lain.

Jangan putus asa bila selama enam bulan pertama atau bahkan setahun pertama earning Anda belum beranjak dari nol. Teruslah berusaha. Begitu berhasil membangun satu situs yang memiliki trafik memadai, Anda sudah punya satu mesin finansial yang siap berproduksi tanpa terikat waktu.

Patut dicatat juga, satu situs dengan trafik lumayan adalah situs betina. Dia bisa menelurkan banyak cara untuk menambah earning. Dan Anda pun bisa melakukan banyak hal kalau sudah punya satu situs betina saja.

Jadi, Go, create your first situs betina! :)


Pada tulisan pembuka di atas saya menyebutkan, salah satu ciri khas dari Keeper adalah tulisan2nya yg inspiratif. Nah, saya rasa Anda sudah bisa melihat sendiri buktinya :) Untuk kontak info, sayangnya tidak diberikan. Namun sedikit bocoran, bulan April nanti beliau akan pulang kampung ke Indonesia selama beberapa waktu. Jadi kita tunggu saja, siapa tahu akan ada acara gathering besar2an yg disponsori oleh Keeper :D

1 comments:

agus setiawan said...

inspiratif sekali mas ABY, jadi tambah semangat aja ikutan adsense.................

Post a Comment

Followers

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template